Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA SMART GAMES PADA MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN PELAJARAN IPS KELAS III DI SD NEGERI 2 KEJUDEN

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : WIDYA HARCELY
  • Identitas : 190641077
  • Abstrak :

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar peserta didik terutama dalam pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan yang masih belum terkuasai dengan baik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan, hasil serta kelayakan media pembelajaran ular tangga smart games yang digunakan peneliti pada materi jenis-jenis pekerjaan untuk kelas III sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan, dari ahli materi untuk aspek isi/materi memperoleh hasil presentase 81,25% dengan interpretasi “Sangat Baik”, untuk aspek penyajian memperoleh hasil presentase 100% dengan interpretasi “Sangat Baik”. Hasil penilaian penyajian dari ahli media memperoleh hasil presentase 96,42% dengan interpretasi “Sangat Baik”. Selanjutnya penilaian dari pengguna, yaitu guru memperoleh hasil presentase 93,05% dengan interpretasi “Sangat Baik”, dan pengguna selanjutnya yaitu siswa mendapat hasil presentase 87,4% dengan interpretasi “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penilaian, maka pengembangan media Ular Tangga Smart Games materi jenis-jenis pekerjaan pembelajaran IPS sangat baik dan layak digunakan. Sehingga, penggunaan ular tangga smart games dapat dijadikan alternatif dalam media pembelajaran. Kata Kunci: Jenis-Jenis Pekerjaan, Pembelajaran IPS, Media Ular Tangga Smart Games

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional