Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA KARTON BERPETAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN 1 PANGURAGAN KULON KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : YANA
  • Identitas : 190641002
  • Abstrak :

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan media karton berpetak pada materi Bangun Ruang, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan mengetahui respon siswa setelah mengikuti kegiatan belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Panguragan Kulon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas classroom action research dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Objek penelitian ini adalah hasil pembelajaran tentang materi bangun ruang. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa proses pembelajaran yang dilakukan dengan II siklus yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan data pra siklus dilakukan peneliti diperoleh nilai rata-rata kelas 60,3 Sedangkan siswa yang tuntas berjumlah 13 siswa atau 43% dan siswa yang dibawah KKM atau yang belum tuntas belajar berjumlah 17 atau 57%. Setelah dilakukan Tindakan Pada siklus I hanya 17 siswa yang tuntas atau 57% sedangkan pada siklus II 26 Siswa yang tuntas dengan presentase 87% dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran bangun ruang yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media karton berpetak memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Media Karton Berpetak

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional