![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA STORYBOARD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA DI KELAS V SD NEGERI PULASAREN IV
- Kategori : Skripsi
- Penulis : ZAKIYAH PRADANA
- Identitas : 211641015
- Abstrak :
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemahaman membaca siswa kelas V di SD Negeri Pulasaren IV sebelum penerapan media pembelajaran storyboard (2) Mengetahui pemahaman membaca siswa kelas V di SD Negeri Pulasaren IV setelah penerapan media pembelajaran storyboard (3) Mengetahui adakah pengaruh dari penerapan storyboard sebagai media dalam mengajar pemahaman membaca di kelas V SD Negeri Pulasaren IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan desain penelitian One-Group Pretes-Posttest Design. Populasi daalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SD Negeri Pulasaren IV Kota Cirebon dengan jumlah 156 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini berdasarkan Suharsimi Arikunto yang mengatakan bahwa jika populasi lebih dari seratus orang, maka sampel dapat diambil dari 10%-15% atau 20%-25%. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel sebanyak 10% dari jumlah populasi melalui perhitungan 10% x 156 = 15,6 yang kemudian peneliti genapkan menjadi 16 siswa di kelas V SD Negeri Pulasaren IV Kota Cirebon. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman membaca, lembar observasi, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan hasil perhitungan sebelum diberikan perlakuan (pretest), peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 38,94 dengan standar deviasi 13,359 dan varians 178,463. Sedangkan hasil setelah menerapkan media storyboard diperoleh rata-rata hasil pemahaman membaca siswa sebesar 82,19 dengan standar deviasi 13,634 dan varians 185,896. Dari hasil analisis data di atas menunjukkan bahwa hasil rata-rata setelah diberikan treatmen (posttest) lebih tinggi dari hasil sebelum diberlakukan treatment (pretest). Pada analisis inferensial untuk uji hipotesis diperoleh harga t = -13,878, df = 15 dan sig. (2 tailed) atau p-value =0,000 < 0,05, artinya nilai signifikansi lebih kecil dari taraf kesalahan atau H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel X (Media Storyboard) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (Kemampuan Literasi terkait pemahaman membaca siswa). Kata Kunci: Media Storyboard, Kemampuan Literasi




