![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI
- Kategori : Skripsi
- Penulis : ADYTHIA ALVIANO FIRDAUS
- Identitas : 190661012
- Abstrak :
Penelitian ini mengkaji pengaruh media pembelajaran Pop up book terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi Ekologi dan Keanekaragan Hayati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami atau mengidentifikasi. pengaruh peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati .Penelitan ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen design bentuk yang digunakan pada desain tersebut adalah nonequivalent control grup design yang ada pada eksperimen murni. Penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Mundu Cirebon sebagai populasi. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas VII A dengan 32 peserta didik dan kelas VII D dengan 32 peserta didik dengan sampel yang berjumlah sama dan tidak dipilih secara random. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi, Pre-test,Post-test,studi dokumentasi peserta didik. Pada hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan uji perbedaan rata-rata Postest yang menggunakan uji paired sampel t-test mendapatkan nilai bahwa diketahui jika nilai sig (2-tailed) < 0,05 atau bisa di interpretasikan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat ditarik kesimpulan dari Hasil tersebut memberikan gambaran penerapan media Pop up book dalam pembelajaran IPA yang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran Pop up book berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII. Kata Kunci: Media Pop up book, Hasil Belajar, Peserta didik




