![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
- Kategori : Skripsi
- Penulis : SITI ROSIANA
- Identitas : 190661021
- Abstrak :
Pendidikan memainkan peran penting dalam persiapan individu untuk menghadapi tantangan dan tuntutan kehidupan. Salah satu tantangan utama dalam pendidikan saat ini adalah bagaimana membekali peserta didik dengan keterampilan yang relevan yang diperlukan dalam masyarakat modern yang terus berkembang. Salah satu keterampilan yang sangat penting adalah keterampilan berpikir kritis, dimana peserta didik diajarkan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah secara efektif, Model pembelajaran yang tepat untuk memenuhi kriteria tersebut adalah discovery learning Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi getaran dan gelombang dan menganalisis hasil respon peserta didik dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi getaran dan gelombang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik, dengan jumlah populasi 56 dan sempel 26 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control grup design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yang diberikan perlakuan dengan model yang berbeda yaitu pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model discovery learning dengan pendekatan saintifik dan praktikum sedangkan pada kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model discovery learning dengan praktikum. kemudian kedua kelas diberikan tes yang sama untuk melihat kemampuan berpikir kritis peserta didik dari masing-masing kelas tersebut. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, hal itu dapat di lihat dari hasil perhitungan uji-t data potstest kedua kelas, diperoleh sig. 0,033. Karena 0,033 lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran discovery learning pada materi getaran dan gelombang secara umum menjawab sangat setuju dalam pernyataan angket. Model pembelajaran discovery learning membuat peserta didik lebih aktif,terampil, menemukan ide-ide baru, berani memberikan pendapat dan tanggungjawab dalam tim Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Model Discovery Learning, berpikir kritis.




