![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA
- Kategori : Skripsi
- Penulis : YOLANDA FAUZIAH NOVI YANTI
- Identitas : 190661009
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP PGRI Karangsembung selama Proses pembelajaran model Discovery Learning Pada Materi Sistem pernapasan Manusia. Metode penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII, sedangkan sampelnya menggunakan 20 peserta didik dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data berupa lembar tes untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Sebelum diberikan pembelajaran dengan model Discovery Learning, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 39,50. Sedangkan setelah dilakukan pembelajaran dengan model Discovery Learning, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan menjadi 79,25. Artinya penerapan model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Materi sistem pernapasan manusia dengan sebesar 70%. Kedua, Respon siswa kelas VIII terhadap model pembelajaran Discovery Learning pada sistem pernapasan manusia tergolong siswa lebih semangat 75%, mengeluarkan pendapatnya 75%, ketertarikan dalam pembelajaran 75%, dan mudah sulitnya memahami pembelajaran 85%. Kata kunci; Model Discovery Learning, Berpikir Kritis, Sistem Pernapasan Manusia




