![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM
- Kategori : Skripsi
- Penulis : NASHRUL ISLAM
- Identitas : 180621019
- Abstrak :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sangat dianjurkan agar siswa lebih aktif dan bersemangat dalam belajar. Pembelajaran yang berhasil membutuhkan suatu model berkomunikasi yang sesuai. Jika kualitas komukasi siswa sudah baik maka pembelajaran yang aktif akan terjalin dengan baik. Peneliti tertarik untuk meneliti terkait penerapan model pembelajaran aktif untuk meningkatkan komunikasi siswa dengan judul penerapan model pembelajaran aktif team quiz untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi struktur atom. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran aktif team quiz dalam meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan siswa. Jenis penelitian yang digunakan peneliti ialah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas X MA Al-Ishlah Bobos. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah tes dan observasi. Data diolah menggunakan uji normalitas, uji homogen, dan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran team quiz dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal tersebut ditujukkan dengan data yang didapat bahwa nilai rata-rata komukasi lisan kelas eksperimen (tipe team quiz) 79% dan kelas kontrol (tipe diskusi) 63%. Nilai rata-rata komunikasi tulisan kelas eksperimen 76% dan kelas kontrol 58%. Maka ada perbedaan dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kata Kunci : Pembelajaran Aktif, Team Quiz, Komunikasi Siswa.




