![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENERAPAN MODUL TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI REDOKS
- Kategori : Skripsi
- Penulis : RAHMA NUR KHOLIFAH
- Identitas : 190621006
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan modul terintegrasi problem-based learning berbasis etnosains pada materi redoks untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Metode eksperimen yang digunakan adalah jenis quasi eksperiment dengan nonequivalent control group design. Kelas X MIPA 4 menjadi kelas kontrol, sementara Kelas X MIPA 5 menjadi kelas eksperimen. Instrumen penelitian mencakup tes literasi sains, lembar observasi, dan angket. Data diolah menggunakan uji homogenitas dan normalitas sebagai uji prasyarat serta uji N-Gain dan uji independent t-test sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul terintegrasi problem-based learning berbasis etnosains efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Terdapat peningkatan literasi sains dengan nilai N-Gain sebesar 0,64, dan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai sig 2-tailed = 0,00 < 0,05. Peningkatan aktivitas belajar sebesar 86,36% serta peningkatan sikap literasi sains setiap indikatornya. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa penerapan modul terintegrasi problem-based learning berbasis etnosains efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Kata Kunci : Modul, Problem Based Learning, Etnosains, Literasi Sains




