Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN THREE TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC INSTRUMENT PADA MATERI REDOKS

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : Sri Maolida Uswatun Hasanah
  • Identitas : 190621003
  • Abstrak :

    Analisis miskonsepsi dilakukan untuk mengetahui penyebab nilai ulangan peserta didik pada materi redoks. Materi tersebut masih dibawah kriteria ketuntasan maksimum (KKM) dibawah 75 dengan rata-rata perolehan nilai hasil belajar yaitu 60, yang lulus ulangan redoks hanya 61,4% pada tahun 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik dan faktor penyebabnya dengan cara tes three tier multiple choice. Metode penelitian yang digunakan mixed method, dengan desain penelitian Explanatory Sequential Design. Teknik pengumpulan data kuantitatif dengan tes melalui three tier multiple choice diagnostic instrument untuk mengukur miskonsepsi siswa dan metode angket untuk mengetahui faktor penyebab miskonsepsi. Teknik pengumpulan data kualitatif dengan metode wawancara untuk menganalisis miskonsepsi yang dialami peserta didik. Subjek dalam penelitian ini, peserta didik kelas X IPA 2 dan IPA 3 SMA Negeri 7 Cirebon. Instrumen penelitian meliputi soal three tier, lembar angket dan lembar validasi instrumen. Teknik analisis data kuantitatif melalui validasi instrumen untuk mengetahui kevalidan instrumen tes dan angket, uji coba soal untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Profil miskonsepsi peserta didik yakni 28% mengalami miskonsepsi, angka ini dapat dikategorikan sedang. Faktor penyebab miskonsepsi peserta didik kurangnya keberanian siswa untuk bertanya, siswa mudah melupakan konsep yang telah diajarkan dan kemampuan siswa kurang dalam menghubungkan konsep. Kata kunci : Miskonsepsi, Evaluasi Pembelajaran, Three Tier multiple choice

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional