![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
ANALISIS UNDERACHIEVER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN IQ PESERTA DIDIK DALAM MEMPELAJARI MATERI KIMIA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN CIREBON
- Kategori : Skripsi
- Penulis : SUSANTI
- Identitas : 190621004
- Abstrak :
Kimia adalah ilmu yang mempelajari sifat, struktur materi, perubahan materi, atom, dan molekul. Mempelajari ilmu kimia membutuhkan pemahaman konsep yang beruntun dan saling berkesinambungan. Sedangkan kemampuan peserta didik dalam menguasai konsep materi di sekolah memiliki tingkat pemahaman yang berbeda. Seperti dalam proses pembelajaran kimia tanpa didukung dengan media pembelajaran yang relevan, sehingga diasumsikan kimia adalah pelajaran yang abstrak. Dampak negatifnya hasil belajar menurun, masyarakat berpendapat bahwa hasil belajar bergantung pada IQ. Fenomena ini disebut underachiever dalam konteks psikologi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil analisis yang menjadi penghambat proses belajar kimia, mengetahui faktor-faktor penghambatnya, dan merekomendasikan cara menanggulangi peserta didik underachiever. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket. Jenis penelitian ini adalah Mixed Methode dengan tipe explanatory design pada follow-up explanations model. Hasil analisis menggunakan Smart PLS SEM 4.0 dari hubungan pengaruh IQ dan hasil belajar peserta didik di dua sampel sekolah dan selanjutnya didukung melalui hasil wawancara dan angket untuk aspek kualitatifnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IQ dan hasil belajar peserta didik tidak selalu menunjukkan hasil yang positif, dibuktikan adanya 61 peserta didik underachiever dari penelitian ini, yang dipengaruhi oleh tingginya penetapan nilai KKM disetiap sekolah serta adanya faktor internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi psikologis peserta didik. Kata kunci: Underachiever, Hasil Belajar, intelligence quotient, dan Kimia.




