![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI REAKSI REDOKS
- Kategori : Skripsi
- Penulis : TRI LARANG INDAH
- Identitas : 190621014
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik sekolah menengah. Metode yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest dilakukan untuk mencapai tujuan penelitian. Sampel berjumlah tiga puluh lima peserta didik X IPA 5 dipilih sebagai kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran PjBL dan tiga puluh lima peserta didik X IPA 1 sebagai kelompok kontrol menggunakan model discovery learning. Lembar observasi LKPPD dan LKPD digunakan untuk mengumpulkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik berdasarkan indikator kefasihan, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Data dianalisis secara deskriptif (n-gain) dan statistik menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan model project based learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik sebesar 0,015 < 0,05 yang artinya variabel bebas berpengaruh secara signifikan dengan variabel terikat. Dengan demikian, kesimpulan yang didapat adalah keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas X IPA 5 secara signifikan lebih mempengaruhi keterampilan bepikir kreatif peserta didik pada materi reaksi redoks. Kata kunci : Pengaruh, Project based learning, Reaksi redoks, Keterampilan berpikir kreatif




