![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
OPTIMALISASI METODE READ ALOUD UNTUK PENGUATAN HAFALAN DOA SEHARI-HARI DI TK ABA 4 LEUWISARI
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Hani Nurul Bayinah
- Identitas : 190651020
- Abstrak :
Anak belum mampu mengulang kembali apa yang dihafalnya,Anak belum mampu mengucapkan doa dengan pelafalan makhorijul huruf yang sesuai, Anak belum mampu membedakan doa yang penggalan doanya hampir sama, Penyampaian Makhorijul huruf pada doa yang disampaikan oleh guru kurang jelas. Tujuan pada penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan metode Read aloud untuk meningkatkan kemampuan mengahafal doa sehari-hari anak usia dini, mengetahui Hasil penerapan metode Read aloud untuk meningkatkan kemampuan menghafal pada anak usia dini. Metode Penenlitian ini menggunakan penelitian Kualitiatif dengan jenis Studi Kasus disertai pendekatan Fenomenologis. Adapun instrument yang digunakan yaitu dengan Wawancara,Observasi, dan Dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, display, dan tahap verifikasi. perkembangan hafalan doa meningkat dilihat dari anak yang Berkembang Sesuai Harapan dengan persentase 50%, lalu anak yang Berkembang Sesuai Harapan mencapai 20%, kemudian anak yang sudah Mulai Berkembang mencapai 30%. Kesimpulan dari temuan tersebut adalah bahwa Implementasi Read Aloud dapat meningkatkan kemampuan menghafal doa sehari-hari Guru sebaiknya lebih memperhatikan tentang penggunaan metode, media, strategi, yang digunakan dalam proses pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik anak sehingga anak mendapatkan stimulus yang sesuai untuk menghafal doa sehari-hari. Kata kunci: Metode Read Aloud, Hafalan, Doa.




