Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



EFEKTIVITAS METODE READ ALOUD MENGGUNAKAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB FLAMBOYAN (Penelitian Kualitatif di Kelompok B KB Flamboyan Desa Bojongsari Losari Brebes)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : NUR AENI
  • Identitas : 190651026
  • Abstrak :

    Kemampuan penguasaan kosakata anak usia dini yang masih terbatas menjadi permasalahan dalam penelitian ini karena metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang variatif sehingga anak mudah jenuh dalam kegiatan pembelajaran dan menyebabkan kemampuan bahasa khususnya pada kemampuan penguasaan kosakata pada anak usia dini berkembang kurang optimal. Penelitian ini berdasar pada teori metode read aloud, read aloud diartikan sebagai suatu kegiatan membaca yang dilakukan atau dibacakan dengan suara yang lantang atau sangat nyaring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun, mendeskripsikan metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan kemampuan penguasaan kosa kata pada anak dan untuk menggambarkan efekivitas metode read aloud menggunakan literasi digital untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata pada anak. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, display dan verifikasi. Temuan penelitian ini adalah metode pembelajaran yang diterapkan pendidik dalam mengembangkan kemampuan penguasaan kosakata pada anak, dan efektivitas penerapan metode read aloud menggunakan literasi digital terhadap kemampuan penguasaan kosakata pada anak. Kata Kunci: metode read aloud, penguasaan kosakata, anak usia dini.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional