![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
STRATEGI PEER MEDIATION AND SUPPORT UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DI TK A ISLAMIC CENTRE
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Retno Purwaningsih
- Identitas : 211651011
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas strategi Peer Mediation and Support dalam meningkatkan perhatian anak dengan gangguan pemusatan perhatian dalam kegiatan belajar di sekolah. Satu anak berkebutuhan khusus sebagai anak target dan satu anak lainnya sebagai peer mediation dipilih dan dilatih untuk dapat menggunakan peer mediation and support dalam pembelajaran di kelas. Penelitian menggunakan metode studi kasus, sumber data primer yaitu kepala sekolah dan guru kelas sedangkan sumber data sekunder yaitu guru pendamping. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, studi dokumentasi dan triangulasi. Pengolahan data menggunakan aplikasi mandeley dan atlas.ti. Data dikumpulkan dengan format pencatatan frekuensi peningkatan perhatian, dan skala pengenalan konsep penjumlahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peer mediation and support efektif dalam mengingkatkan perhatian anak, selain itu peer mediation and support juga mengurangi frekuensi inattention anak dalam melakukan kegiatan di sekolah. Kata Kunci : Peer Mediation, Anak dengan Gangguan Perhatian




