![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGEMBANGAN PROSEDUR PERMAINAN CHILD FRIENDLY PLAYDOUGH DI KELOMPOK B SPS ALAMANDA KARANG JALAK SUNYARAGI TAHUN AJARAN 2022-2023
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Sri Kurnia Sari
- Identitas : 190651006
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana panduan dalam bermain menggunakan APE playdough berbasis child friendly apakah efektif dengan adanya prosedur dan dapat menggukur berbagai aspek perkembangan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yang berfokus pada pengembangan produk berupa prosedur atau panduan dalam permainan child friendly playdough yang kemudian divalidasi oleh ahli pakar untuk kemudian diujikan kepada 12 anak usia dini kelompok B SPS Alamanda Karang Jalak tahun ajaran 2022-2023. Peneliti telah memilih langkahlangkah pengembangan yang didasarkan pada strategi penelitian dan pengembangan yang disusun oleh Borg and Gall. Dari sepuluh tahapan yang terdapat dalam strategi tersebut, peneliti melakukan penyederhanaan tahapan yang mempermudah proses pengembangan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan menyatakan bahwa pengembangan prosedur permainan child friendly playdough dinyatakan layak dan memiliki nilai efektivitas pada saat menggunakan APE Playdough. Peneliti melakukan langkah pretest dan posttest untuk mendapatkan hasil yang memadai. Hasil penelitian dari output uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) untuk variabel motorik halus adalah 0.002, kognitif dengan nilai 0.042, berhitung dengan nilai 0.002, kreativitas dengan nilai 0.008 dan minat belajar dengan nilai 0.002. Hal ini berarti hipotesis alternative (Ha) diterima, yang menandakan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dalam variabel motorik halus, kognitif, berhitung, kreativitas dan minat belajar. Hal ini didapatkan dari hasil uji yang menunjukkan 0.000 lebih kecil dari < 0.05. Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif (APE), Playdough, Research and Development




