![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK MELALUI METODE BERMAIN FLASHCARD BERSUARA (PTK di Kelompok B1 TK Islam Nurul Hikmah Megu Gede)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : SUCI EKA SARI
- Identitas : 190651011
- Abstrak :
Berdasarkan observasi awal pada anak usia 4-5 tahun di TK Desa Nurul Hikmah. Megu Gede Kec. Weru Kab. TA.Cirebon. Tahun 2022/2023, kemampuan berpikir kritis simbolik anak yang peneliti coba belum memenuhi harapan. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti mencoba untuk menggunakan pembelajaran dan kegiatan yang belum terinisiasi oleh peneliti untuk menggunakan flashcard sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir simbolik melalui permainan flashcard bersuara. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas). Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan berpikir simbolik siswa TK Islam kelompok B1 Nurul Hikmah Megu Gede meningkat secara bertahap, hal ini terlihat dari hasil analisis data berpikir simbolik pada setiap pertemuan pra siklus, siklus I. .dan siklus II. Pada hasil kemampuan awal pada kemampuan berpikir simbolik anak pra siklus diperoleh nilai rata-rata 35,1%, kegiatan siklus I diperoleh nilai rata-rata 53,8% dan pada kegiatan siklus II diperoleh nilai rata-rata 75,6. %. Hal ini terlihat pada kondisi awal nilai rata-rata anak, pada siklus I ratarata nilai 53,8% dan pada siklus II rata-rata nilai sangat tinggi 75,6%. Hasil telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dan telah mencapai tingkat indikator keberhasilan yang ditentukan sebesar 75%. Dapat disimpulkan bahwa metode bermain flashcard bersuara dapat meningkatkan berpikir simbolik pada anak kelompok B1 TK Islam Nurul Hikmah. Kata Kunci : flashcard, simbolik, TK Islam Nurul Hikmah, peserta didik




