Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



IMPLEMENTASI METODE READ ALOUD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 DI KELOMPOK B1 (TK Cendrawasih Desa Tinumpuk Indramayu)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : TAMINIH
  • Identitas : 190651007
  • Abstrak :

    Latar belakang masalah ini adalah metode pembelajaran sangat diperlukan, sebagai daya upaya guru dalam menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses mengajar agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai dan berhasil. Salah satu caranya yaitu menggunakan metode read aloud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode read aloud dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka dari 1-10. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan jenis penelituan deskriptif. Tempat penelitian di TK Cendrawasih Tinumpuk. Sumber data utama adalah Kepala Sekolah, dan guru. Adapun sumber data sekunder adalah jurnal, buku-buku, dan catatan-catatan. Kemudian dokumentasi berupa foto, dokumen-dokumen catatan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data nya adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Data yang dikumpulkan oleh peneliti dari RPPH , observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa penggunaan metode read aloud dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 sudah efektif. Guru telah menggunakan metode Read Aloud untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Ini dapat dilihat ketika guru mengajukan pertanyaan atau kepada siswa, siswa mampu menjawab sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci : Metode Read Aloud, Kemampuan mengenal angka 1-10

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional