![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
FENOMENA COLLECTING BEHAVIOR PADA PENGGEMAR IDOLA GRUP KOREA SELATAN (NEO CULTURE TECHNOLOGY) DI ERA MEDIA BARU (Studi Fenomenologi pada Penggemar Idola Grup Korea Selatan (Neo Culture Technology) di Era Media Baru)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : AULYA NURSAFIRA
- Identitas : 180211031
- Abstrak :
AULYA NURSAFIRA. 180211031. SKRIPSI. “Fenomena Collecting Behavior Penggemar Idola Grup Korea Selatan (Neo Culture Technology) di Era Media Baru” (Studi Fenomenologi pada Penggemar Idola Grup Korea Selatan (Neo Culture Technology) di Era Media Baru) Komunikasi massa sangat erat kaitannya dengan dunia entertainment, terutama dalam dunia penggemar K-POP. Adanya pandemi COVID-19 menyebabkan keberadaan media baru serta komunikasi massa jarak jauh semakin lebih digadang-gadang. Pesatnya kemajuan sistem teknologi informasi memberikan dampak negatif maupun positif terhadap perubahan global dan signifikan bagi pola hidup masyarakat (Tambunan, 2018). Tak terkecuali pola hidup remaja Indonesia yang mengidolakan artis K-POP dan mengoleksi merchandise yang berkaitan idola grupnya (collecting behavior), Penggemar Neo Culture Technology (NCT) adalah subjek utama dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses collecting behavior pada penggemar NCT yang berusia 15-19 tahun dan bagaimana pemanfaatan media sosial dalam aktivitas collecting penggemar NCT. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Collecting Behavior (McIntosh & Schemeichel). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan wawancara. Kata Kunci: media baru, collecting behavior.




