Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DALAM PENGEMBANGAN BAKAT ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Deskriptif Kualitatif pada SLB-A Tunanetra Beringin Bhakti Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : Ayu Fatima Lestari
  • Identitas : 170211029
  • Abstrak :

    Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik ABK dalam berkomunikasi, memahami strategi komunikasi instruksional dalam pengembangan bakat pada ABK di SLB-A Beringin Bhakti Kabupaten Cirebon serta mengetahui hambatan yang terjadi pada pembelajaran pengembangan bakat ABK. Metode yang digunakan adalah deskriptif, yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta dan objek tertentu. Pada metode ini, penulis melakukan penelitian lapangan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) karakteristik ABK memiliki karakteristik yang berbeda, berkomunikasi dengan ABK berbeda (2) Strategi Komunikasi Instruksional dalam mengembangkan bakat anak tunanetra terdiri dari pra instruksional, pelaksanaan instruksional dan evaluasi, (3) Hambatan yang terjadi saat melakukan pengembangan bakat anak tunanetra meliputi hambatan internal (kepercayaan diri rendah, keterbatasan fisik, kemampuan yang minim dan hyperaktif) dan eksternal (Alat dan Fasilitas, Orang tua dan Keluarga). Penelitian ini berharap dapat menjadi sebuah acuan untuk pembaca, serta menjadikan sebuah pembelajaran bagi penulis dan pembaca dalam kehidupan sehari-hari saat berkomunikasi dengan orang normal maupun ABK. Kata Kunci : Anak Berkebutuhan Khusus, Bakat, Strategi Komunikasi.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional