![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
STRATEGI HUMAS DALAM MENGATASI KELUHAN PELANGGAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DARMA AYU KANDANGHAUR, INDRAMAYU
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Elva Saphira Salshabila
- Identitas : 180211063
- Abstrak :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi humas dalam mengatasi keluhan pelanggan di PDAM Tirta Darma Ayu Kandanghaur,Indramayu. Sebagai perusahaan yang berorientasi pada pelayanan publik, humas PDAM harus mampu memberikan tanggapan dan menerima saran yang diberikan oleh pelangga, dan apa saja strategi yang diberikan humas PDAM dalam menjawab keluhan dari pelanggan. Humas menjadi salah satu alat untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif melalui teknik pengumpulan data dengan cara observasi yang penulis lakukan secara langsung di Kantor PDAM Tirta Darma Ayu Kandanghaur, wawancara dilakukan dengan informan dari humas dan pelanggan PDAM beserta staf yang berhubungan dengan penelitian penulis, dokumentasi yang berkaitan dengan data-data yang dibutuhkan untuk menjelaskan tema penelitian. Penyajian data akhir dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, peneliti menemukan bahwa: 1) keluhan pelanggan PDAM adalah tidak dapat air, pemakaian yang tinggi, air yang keluar kotor dan bau, kebocoran pipa penghubung saluran air, meteran air yang macet dan tidak jalan, 2) strategi humas dalam mengatasi keluhan pelanggan PDAM yaitu yang pertama mengidentifikasi masalah, tidak memandang ringan masalah, menentukan target sasaran informasi, menentukan strategi dan langkah terakhir evaluasi. 3) faktor pendukung strategi humas yaitu: perlunya penambahan teknisi atau karyawan yang mempunyai kemampuan dalam bidang PDAM. Pelatihan komunikasi terhadap karyawan PDAM. Kualitas pelayanan faktor penghambatnya yaitu:keterbatasan SDM, kurangnya komunikasi antara pelanggan dan perusahaan, kendala teknis, kurangnya sarana/ prasarana, ketidakpuasan pelanggan. Kata kunci: Strategi Humas, Keluhan Pelanggan, PDAM




