Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



TANGGAPAN MENGENAI KOMUNIKATOR PENDAKWAH ISLAM DI INSTAGRAM (Analisis Dakwah di Akun Resmi Instagram @Hanan_Attaki)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : Vivi Halimah
  • Identitas : 180211039
  • Abstrak :

    VIVI HALIMAH.180211039. SKRIPSI "Tanggapan Mengenai Komunikator Pendakwah Islam di Instagram (Analisis Dakwah di Akun Resmi Instagram @Hanan_Attaki)”. Komunikasi massa saat ini banyak menggunakan media sosial yang dipakai oleh seluruh kalangan masyarakat, salah satunya adalah media sosial Instagram yang saat ini banyak digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan dan mengekspesikan diri melalui postingan postingan yang dibuat . Di Instagram sendiri banyak macam-macam konten-konten yang dibuat oleh sang kreator, salah satu konten yang menjadi favorit saat ini adalah konten dakwah islam. Konten dakwah Islam di Instagram beragam bentuknya seperti berupa foto, video, reels, atau bahkan siaran langsung. Dakwah melalui media Instagram dipilih menjadi media untuk berdakwah karena dianggap efektif di zaman sekarang, dimana semua masyarakat dari berbagai kalangan menggunakan Instagram sebagai sosial media yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jangkauannya yang luas serta mudah diakses kapanpun dan dimanapun menjadi alasan untuk menyampaikan dakwah di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi berupa wawancara dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan mendalam serta dokumentasi terhadap pengikut akun resmi Instagram Hanan Attaki sebagai informan utama dan pendakwah agama Islam sebagi informan pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyampaian dakwah Islam di media sosial Instagram mengenai aspek aspek yang ada didalam konten dakwah seperi cara penyampaian konten, background yang digunakan, backsound yang digunakan, dan lain sebagainya yang mencakup isi konten dakwah di Instagram. Tujuan lain nya dari penelitian ini adalah untuk menganalisis etos sosok ustaz Hanan Attaki yang meliputi kredibilitas, atraksi dan kekuasaan sebagai seorang komunikator dalam penyampaian dakwah islam di Instagram baik menurut pandangan pengikut akun Instagram @Hanan_Attaki maupun menurut pandangan ustaz pendakwah agama Islam lainnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori komunikasi massa. yang didalam nya membahas mengenai etos komunikator yang meliputi kredibilitas, atraksi dan kekuasaaan, komunikasi dakwah, psikologi pesan, serta karakteristik Instagram. Sehingga dapat disimpulkam bahwa Etos dari seorang Ustaz sebagai komunikator dalam dakwah sangat berpengaruh terhadap dakwah yang ia sampaikan, Konten dakwah yang dikemas dengan baik dan kretif akan menarik banyak orang untuk menyukai bahkan mengikuti konten dakwah tersebut. Kata kunci : Etos Komunikator, Psikologi Pesan (Imbauan Pesan), Instagram

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional