![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL (Penelitian Dilakukan Di Kelas V SD Kemala Bhayangkari III)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Erni Suciningsih
- Identitas : 181641088
- Abstrak :
Penelitian ini dilatarbelakangi kerena hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran IPA Tema 6 Sub tema Suhu dan Kalor hanya 30%. Aktivitas dan hasil belajar siswa belum tercapai optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model Picture and Picture pada pembelajaran IPA Tema 6 Sub tema Suhu dan Kalor di kelas V SD Kemala Bhayangkari 3. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Picture and Picture. Salah satu keunggulan model Picture and Picture adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Media Audio Visual pun mempermudah siswa untuk memahami pembelajaran IPA materi Suhu dan Kalor. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun sebagai obyek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Kemala Bhayangkari 3 Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon yang berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa Test, lembar wawancara, observasi dan catatan lapangan.Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa setelah dilakukan tindakan adalah siswa banyak melakukan kegiatan, siswa sangat senang, serta siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran. Pada siklus 1 persentase rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu75%. Kemudian meningkat pada siklus II yaitu 90%. Berdasarkan analisis data persentase hasil belajar siswa dari siklus I didapati rata-rata hasil belajar siswa 45% dan siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 90%. Pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture berbantuan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dapat dipergunakan dan dikembangkan untuk membantu guru dalam menghadapi permasalahan yang sejenis. Adapun kendala yang dihadapi dalam melaksanakan penelitian ini harus diminimalkan. Oleh karena itu keaktifan dan kreativitas guru sangat diperlukan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Picture and Picture, Media Audio Visual




