![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROKARBON
- Kategori : Skripsi
- Penulis : ELIS TIANATA
- Identitas : 180621022
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Discovery learning untuk melatih kemampuan berfikir logis peserta didik pada materi hidrokarbon, 2) Mengetahui respon Peserta Didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Discovery learning untuk melatih kemampuan berfikir logis Peserta Didik pada materi Hidrokarbon. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan tahapan pengembangan yaitu menganalisis kebutuhan peserta didik, menganalisis KI, KD, indikator, studi literatur, membuat produk, kemudian validasi produk, revisi produk, pengembangan produk dengan cara uji coba lapangan dan data yang telah diperoleh dari uji coba lapangan dievaluasi. Dalam penelitian pengembangan LKPD yang peneliti lakukan, tahapan 4D yang dilakukan hanya sampai develop. Hal ini dikarenakan peneliti hanya melakukan penelitian terhadap respon peserta didik terhadap LKPD hidrokarbon yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah LKPD Kimia berbasis Discovery Learning untuk melatih kemampuan berfikir logis peserta didik pada materi hidrokarbon yang telah dinyatakan layak oleh validator. Hasil analisis respon peserta didik terhadap LKPD ini dirata-ratakan secara total sebesar 95,36%. termasuk kedalam kategori sangat layak. yang menyatakan bahwa LKPD berbasis Discovery Learning untuk melatih kemampuan berfikir logis peserta didik pada materi hidrokarbon layak digunakan sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran di kelas. Kata Kunci : LKPD, Discovery Learning, Hidrokarbon




