Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING (CRM) DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK ORIFLAME DI KOTA CIREBON

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : Afrilia Gustiani
  • Identitas : 180111055
  • Abstrak :

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan, (2) pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan, (3) pengaruh customer relationship marketing dan brand image terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah member Oriflame di kota Cirebon. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Uji Instrumen (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas), Analisis Deskriptif Statistik, Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) customer relationship marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada produk Oriflame di kota Cirebon dengan nilai thitung 4.088 > ttabel 1,661 dan nilai (sig.t) 0,000 < 0,05. (2) Brand Image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada produk Oriflame di kota Cirebon dengan nilai thitung 4,438 > ttabel 1,661 dan nilai (sig.t) 0,000 < 0,05. (3) customer relationship marketing dan brand image secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada produk Oriflame di kota Cirebon dengan nilai Fhitung sebesar 33.960 > Ftabel sebesar 3,09 dan dengan nilai sig f 0,000 < 0,05, dan besarnya koefisien determinasi diperoleh nilai R Square (R2 ) sebesar 0,419. Kata Kunci: Customer Relationship Marketing, Brand Image, dan Loyalitas Pelanggan.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional