![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (studi kasus pada pelanggan dua bintang studio foto Kedawung)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : HANNI AULIA
- Identitas : 180111092
- Abstrak :
Dalam penelitian ini terdapat variabel X1(Fasilitas), X2 (Kualitas Pelayanan) dan Y (Kepuasan Pelanggan). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Fasilitas terhadap Kepuasan pelanggan (studi kasus pada pelanggan Dua bintang studio foto Kedawung). (2) Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan (studi kasus pada pelanggan Dua bintang studio foto Kedawung). (3) Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan (studi kasus pada pelanggan Dua bintang studio foto Kedawung).(4) Mengetahui kondisi Fasilitas dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan Dua bintang studio foto Kedawung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung Dua bintang studio foto Kedawung dengan jumlah 3.996 pengunjung, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin, yaitu dengan jumlah 98 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data skunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Skala pengukuran dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala likert. Methode yang digunakan adalah regresi linear berganda, dengan bantuan SPSS 22. Sedangkan pengujuan hipotesis menggunakan uji t dan uji f. hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel Fasilitas berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan signifikasi 0,000 < 0,05 dan variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan signifikasi 0,000 < 0,05. Untuk hasil pengujian uji F dapat diperoleh F hitung (73.438) > F tabel (3,091) yang artinya variabel Fasilitas dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dan nilai R square sebesar 0,607 yang artinya besar pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (studi kasus pada pelanggan Dua bintang studio foto Kedawung). sebesar 0,607 sedangkan sisanya sebesar 0,393 dipengaruhi oleh faktor lain. Uji path analisis berpengaruh simultan fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,607 dan 0,393 dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Fasilitas, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan




