![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PD. ADITHAMA BROILER CIREBON (Studi Kasus pada Pelanggan PD. Adithama Broiler Cirebon)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : INTAN ANINDYA FAUWATI
- Identitas : 180111093
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui gambaran kondisi Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Pelanggan terhadap PD. Adithama Broiler, (2) Mengetahui nilai pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan secara parsial, (3) Mengetahui pengaruh Harga terhadap Kepuasan Pelanggan secara parsial, dan (4) Mengetahui nilai pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan secara simultan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3.300 pelanggan, Teknik pngambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin yaitu dengan jumlah 100 responden. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Skala pengukuran dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala likert. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan SPSS V.26. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial dengan nilai thitung untuk variabel Kualitas Pelayanan (X1) sebesar 3,092 > ttabel 1,660 dengan tingkat signifikan 0,03 < 0,05, artinya variabel Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), dan nilai thitung untuk variabel Harga (X2) sebesar 6,886 > ttabel 1,660 dengan tingkat signifikan 0,00 < 0,05, artinya variabel Harga (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). untuk hasil pengujian uji F dapat diperoleh Fhitung sebesar 0,00 < 0,05, dan nilai Fhitung sebesar 281,284 > dari Ftabel 3.09. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti ada pengaruh signifikan antara Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) di PD. Adithama Broiler Cirebon. Sedangkan sisa nya 0,147 dipengaruhi oleh faktor lain. Uji Path Analisis berpengaruh simultan Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 0,853 dan 0,147 dipengaruhi faktor lain. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan




