Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH CYBERLOAFING TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN WORK BOREDOM SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus di Kantor Kecamatan Gunung Jati, Suranenggala dan Kapetakan)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : JULEKHA
  • Identitas : 180111069
  • Abstrak :

    Tindakan penggunaan internet untuk keperluan pribadi yang tidak berkaitan dengan pekerjaan dilakukan oleh pegawai saat jam kerja atau yang dikenal dengan istilah cyberloafing dapat menimbulkan dampak yang merugikan bagi perusahaan atau organisasi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh cyberloafing terhadap kinerja pegawai dan work boredom memoderasi hubungan antara cyberloafing terhadap kinerja pegawai. Dalam penelitian ini menggunakan tiga item variabel yaitu cyberloafing (X), work boredom (M), dan kinerja pegawai (Y). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, sedangkan teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, responden yang diteliti berjumlah 58 orang pegawai dari tiga Kecamatan di wilayah Cirebon Utara yaitu kecamatan Gunung jati, Suranenggala dan Kapetakan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan Moderated Regression Analisys (MRA). Hasil penelitian menemukan : (1) cyberloafing berpengaruh negative dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan (sig.t) 0,000 < 0,05 (2) work boredom tidak memoderasi cyberloafing terhadap kinerja pegawai dan tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan (sig.t) 0,929 > 0,05. Namun work boredom masih mempunyai hubungan dengan memberikan penguatan untuk hubungan cyberloafing terhadap kinerja pegawai. Selanjutnya kontribusi pengaruh cyberloafing (X) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan work boredom (M) memoderasi mempunyai pengaruh sebesar 24,2%. Sedangkan sisanya 75,8 % dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Cyberloafing, Work Boredom, Kinerja Pegawai

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional