Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH INNOVATION CAPABILITY DAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KREATIVITAS GURU SMK MANBAUL’ULUM CIREBON

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : NINING NINGSI
  • Identitas : 180111111
  • Abstrak :

    Latar belakang penelitian ini adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas agar dapat mengikuti perkembangan zaman sehingga dapat memajukan bangsa dan negara. Pendidikan kejuruan adalah pendidikan menengah yang secara khusus yang mempersiapkan siswa untuk bekerja di bidang tertentu. SMK sebagai sekolah kejuruan berperan dalam meningkatkan sumber daya manusia. Upaya untuk mengatasi kejenuhan yaitu dengan mencari solusi untuk kejenuhan tersebut dengan menerapkan pembelajaran yang menarik akan membuat siswa tidak lagi merasa bosan atau jenuh. Pembelajaran akan menarik ketika guru memiliki kreativitas yang tinggi. Kreativitas muncul ketika guru memiliki kemampuan berinovasi dan banyaknya pengetahuan dan pengalaman yang telah dilewati oleh para guru ketika guru memiliki kemempuan berinovasi dan berbagi pengetahuan yang baik maka kreativitas guru akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Innovation Capability dan Knowledge Sharing Terhadap Kreativitas guru SMK Manbaul‟Ulum dengan menerapkan model kuesioner dalam pengambilan data Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Kuantitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang dapat dicapai (diperoleh) dengan menggunakan prosedur-prosedur statistic atau cara- cara lain dari kualifikasi (pengukuran). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner dan wawancara. Setelah melakukan penelitian kuantitatif, hasil observasi berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa innovation capability dan knowledge sharing mempunyai pengaruh secara parsial mmaupun simultan terhadap kreativitas guru SMK Manbaul‟Ulum Cirebon. Hal ini ditunjukan dari hasil uji T yang menunjukan nilai t-hitung untuk variabel innovation capability sebesar 3,016 dan t-tabel 1,987 sehingga dapat disipulkan bahwa 3,016 > 1,987 dan t-hitung untuk variabel knowledge sharing sebesar 1,997 dan t-tabel 1,987 serta nilai F hitung sebesar 8,167 dengan F tabel sebesar 3,10 dengan membandingkan nilai F hitung > F tabel, maka dapat diketahui bahwa variabel bebas yaitu innovation capability dan knowledge sharing secara bersamaan (simultan) berpengaruh terhadap kreativitas guru SMK Manbaul‟Ulum Cirebon. Kata Kunci : Innovation Capability, Knowledge Sharing, Kreativitas Guru

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional