![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi Kasus pada PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura Cabang Babakan- Cirebon)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : NUR AISAH FITRIANI
- Identitas : 180111018
- Abstrak :
Dalam Penelitian ini terdapat variabel X1 (Kualitas Pelayanan), X2 (Kepuasan) dan Y (Loyalitas Nasabah). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah (studi kasus pada PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura Cabang Babakan – Cirebon). (2) Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah (studi kasus pada PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura Cabang Babakan – Cirebon). (3) Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah (studi kasus pada PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura Cabang Babakan – Cirebon). (4) Mengetahui kondisi kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah (studi kasus pada PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura Cabang Babakan – Cirebon). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura Cabang Babakan – Cirebon yang berjumlah 2.573 nasabah. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin maka sampel yang didapat sebanyak 96 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder dengan cara observasi, wawancara dan menyebar kuesioner. Skala pengukuran dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan ialah metode uji validitas dan reabilitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R 2 ), uji hipotesis, uji parsial (uji t), uji pengaruh simultan (uji f) dan analisa jalur (path analisys) yang diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 22.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, kualitas pelayanan dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dan besar pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah (studi kasus pada PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura Cabang Babakan – Cirebon) sebesar 64,4% sedangkan sisanya sebesar 35,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Nasabah




