![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN LAYANAN LISTRIK PRABAYAR (Studi Kasus pada PT PLN (Persero) UP3 Cirebon)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : RIMA FITRI RAHMAH
- Identitas : 180111065
- Abstrak :
PT PLN (Persero) adalah perusahaan listrik milik negara yang berkewajiban memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Indonesia, pada saat ini PLN memiliki dua sistem kelistrikan yaitu pascabayar dan prabayar tetapi hingga saat ini masih banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan listrik pascabayar. Masyarakat Indonesia sendiri memiliki agama, suku, budaya dan bahasa yang sangat beragam. Oleh karena itu adanya hal tersebut mendorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh perilaku konsumen terhadap proses pengambilan keputusan penggunaan layanan listrik prabayar pada PT PLN (persero) UP3 Cirebon”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan PLN. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus slovin dan mendapatkan hasil sampel sebanyak 93 responden. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas, uji realibilitas, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji parsial dan uji simulasi. vi Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor budaya (X1) dan sosial (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan listrik prabayar sedangkan faktor pribadi (X3) dan psikologis (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan listrik prabayar. Selain itu hasil Uji F membuktikan bahwa budaya, sosial, pribadi dan psikologis sesara simultan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan dengan nilai Fhitung 89,938 > Ftabel 2,476. Pengujian selanjutnya perlu pengkajian lagi mengenai faktor lain yang mempengaruhi keputusan penggunaan layanan listrik prabayar. Kata Kunci: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, Keputusan Penggunaan.




